MTQ tingkat Desa Kadur Yang ke XXI di Dusun Sei. Empang

  • Jun 03, 2024
  • Hadi Caendra
  • BERITA, PEMERINTAHAN, SENI DAN KEBUDAYAAN, TOKOH MASYARAKAT, KEGIATAN

MTQ Desa Kadur yang ke XXI di Gelar di Dusun Sei. Empang. Dusun Sei. Empang merupakan salah satu Dusun yang berada di pintu gerbang pertama masuknya Kec. Rupat utara perbatasan lansung dengan Kec. Rupat yaitu Desa hutan Panjang.

Mtq yang di gelar di tahun 2024 ini, Dusun sei.empang menjadi tuan Rumah Desa Kadur yang dilakukan di masjid Nurul Yakin, Acara MTq ke XXI ini di buka oleh Camat Rupat Utara dengar di iringi suara kompang dari Dusun sei.empang.

Acara disambut meriah oleh Masyarakat Desa Kadur, sampai  samapai tenda yang di sediakan oleh panitita tidak muat, sekitar 500 orang yang hadir dalam kegiatan MTQ tingkat Desa Kadur.

 

Acara pembukaan MTQ ini dimulai sekira jam 20.30 wib Senin 27 may 2024,  Kegiatan Mtq ini  nampak hadir para tamu undangan dari Forkopimcam pihak kecamatan diantaranya mewakili Camat Rupat Utara Sekcam Gauk Rizal, Kasi PMD Panud, Korwil pendidikan Arafik, Kasi perpajakan Nazarudin, Mewakili Polsek Bhabinkamtibmas Bripka Aan Saputra, Mewakili Koramil 08 Kecamatan Rupat Utara Serma Murianto.

Kepala desa tetangga desa Tanjung Punak Asri Ismael, PJ Desa Titi akar Adi Putra, PJ Desa putri Sembilan Ujang, Tokoh adat tokoh agama, LAM, Serta para tamu undangan kehormatan lainnya .

Dilanjutkan dengan Vocal song Trio lagu Shalawatan oleh pelajar Putri MTS desa Kadur, Tarian pembukaan sekapur sirih juga diadakan sebagai penyambutan khusus kepada para tetamu yang hadir, oleh remaja putri pelajar desa kadur, Lantunan ayat suci Alquran diperdengarkan oleh Qori  undangan dari Desa Kebumen  Ustad Budiman, sehingga menambah khusyuk acara yang dijalankan, dan Do’a yang dipimpin salah satu Tokoh agama, Suwar.

Dalam pidato singkatnya pihak panitia yang di wakili  oleh Ciamin  Spd,I mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat dan jajaran panitia yang telah bertukus lumus kompak mengerjakan Astaka MTQ ini. Adapun MTQ yang ke XXI kali ini di ikuti oleh 84 peserta yang terdiri dari pelbagai  cabang mulai dari anak anak hingga ke peserta remaja dewasa. Selain itu Ciamin juga berkomentar perihal Dana untuk kompetisi ini menggunakan Anggaran sebesar 50 juta rupiah yang telah ditetapkan oleh Pemdes Kadur jaironi S,Sos selaku kepala desa dari anggaran Dana Bermasa.

Dalam sambutannya Kades Jaironi S,Sos, sangat berterima kasih kepada pihak panitia dan segenap lapisan masyarakat yang telah bekerja keras untuk mensukseskan acara ini. Jaironi juga berharap semangat kekompakan ini terus ditingkatkan waktu kewaktu dan di wariskan kepada generasi kita berikutnya.

 

Selain itu beliau juga amat berterima kasih kepada bupati Bengkalis Kasmarni dimana acara perhelatan ini telah pun menganggarkan dana Bermasa Satu Milyar satu desa amat membantu pembangunan dari segala arah bidang, Baik Fisik maupun pemberdayaan.

Selain itu ia juga berharap dengan adanya giat ini dapat memicu semangat kawula muda dari sedini mungkin untuk cinta Al-Qur’an sebagai bekal ketika mereka berangkat dewasa untuk tetap menjadi manusia yang berkarakter takut akan Tuhan .

Camat Rupat Utara yang di wakili oleh Sekcam Gauk Rizal SPD,I juga dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis amat mendukung jenis kegiatan masyarakat yang berdampak positif seperti ini. Selain itu dibawah kepemimpinan Bupati ibu Kasmarni kepedulian dan upaya terus beliau tingkatkan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat, demi kesetaraan ekonomi, pendidikan kesehatan masyarakat dan untuk terciptanya Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera.

Sekcam juga menyampaikan pesan permintaan maaf dari Camat Rupat Utara yang tidak bisa hadir di karenakan tugas beliau dinas di luar daerah “Dengan mengucapkan Bismilah MTQ yang ke XXI tingkat Desa Kadur Ini resmi di buka” ujar sekcam sembari menutup pidatonya dan disambut dengan tepukan gemuruh dari ratusan masyarakat yang  hadir beserta tamu tamu kehormatan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan acara MTQ ini secara simbolis dengan menekan tombol sirene yang telah disiapkan oleh pihak panitia dan di ikuti oleh para tamu kehormatan lainnya. Apel singkat pelaksanaan penaikan  bendera MTQ oleh para siswa siswi dan karang taruna.

Acara di lanjutkan dengan pengangkatan sumpah para juri Perlombaan MTQ tersebut oleh kades Jaironi, Dan ditutup dengan lantunan ayat suci Alquran oleh qori qoriah yang telah mengharumkan nama desa tersebut di tingkat kabupaten.