SOSIALISASI PEMASARAN POTENSI DESA OLEH ANAK KKN UNRI

  • Aug 21, 2018
  • Hadi Caendra

Selasa, 07/08/2018 lalu KKN UNRI melaksanakan kegiatan sosialisasi pemasaran potensi desa dengan tema, “pentingnya usaha kreatif untuk mengembangkan potensi desa serta meningatkatkan pendapatan masyarakat” Acara tersebut di laksanakan di Kantor Pemerintahan Desa Kadur pada pukul 09.00 WIB. Acara dibuka dengan Tilawah Qur’an, dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua pelaksana: yaitu Dewanda Saputra, dan sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL): bapak Dr. Harapantua Simanjuntak, M.Si, dan diakhiri dengan sambutan dari salah satu perwakilan perangkat desa Kadur. Acara berlangsung dengan khidmat, di mana para peserta menyimak dengan tenang mengenai materi yang disampaikan oleh pembicara pada hari itu, serta mengingat poin-poin penting sehingga ketika sesi diskusi dibuka, salah satu peserta bertanya dengan antusias. Ia bertanya “bagaimana proses pemasaran dapat terus berjalan, bila di desa kami semua banyak sekali penjual krupuk pedas dan tikar pandan? Mungkinkah kobe dan penjualan lainnya hanya berjalan ketika ada acara hari-hari besar saja?” Pertanyaan yang telah diberikan oleh Dedy, yang merupakan salah satu warga yang peduli terhadap usaha-usaha yang ada di desa, direspon baik oleh pemateri pada hari itu. Beliau menjawab bahwa “produk yang dihasilkan dapat disebar luaskan kepada masyarakat luar pulau dengan syarat-syarat khusus”. Sosialisasi ini ditutup dengan penyerahan doa penutup oleh saudara Reeky Fardinata, dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh ketua pelaksana dan diakhiri foto bersama antara mahasiswa KKN, DPL, Perangkat Desa dengan para pengusaha kecil di desa kadur ini. Hal yang harus diingat di benak kita semua ialah membuat kemasan yang apik, atau Bagus, agar bisa menyesuaikan harga dengan produk serta kualitasnya, menjaga kepercayaan pembeli, dan yang terakhir gencar untuk melakukan promosi atau pemsaran kepada masyarakat luas.