Sosialisasi MD1 Desa Siaga

  • Apr 18, 2016
  • kadur

sosialisasi Desa Siaga kepada masyarakat pentingnya kesehatan bagi Masyarakat dan pentingnya becocok tanam seperti bunga, sayuran dll dilingkungan rumah untuk kesehatan pada kita semua,
Sosialisai di Desa Kadur yang berlangsung pada hari jumat tgl 15,04,2016 dihadiri oleh Bapa Ogo dan kepala Puskesmas Ibu Ratna, dan anggota Kesehatan lainnya dari kecamatan.

Dalam Rangka Sosialisasi Desa siaga itu sendiri adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawat daruratan kesehatan, secara mandiri. Adapun tujuan umumnya adalah terwujudnya desa dengan masyarakat yang sehat, peduli, dan tanggap terhadap masalah-masalah kesehatan, bencana, dan kegawatdaruratan di desanya. Sedangkan tujuan khususnya antara lain:

Optimalisasi peran PKD.
Terbentuknya FKD yang berperan aktif menggerakan pembangunan kesehatan.
Berkembangnya kegiatan PMD ,pokja gotong royong, Upaya kesehatan ,Survailance dan Pembiayaan kesehatan.

Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan dan melaksanakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).
Meningkatnya kemampuan dan kemauan masyarakat desa untuk menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.
Meningkatnya kesehatan di lingkungan desa.
Meningkatnya kesiagaan dan kesiapsediaan masyarakat desa terhadap risiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan (bencana, wabah penyakit, dsb).
Menurunkan angka kematian ibu dan anak.
Meningkatkan pertolongan persalinan oleh nakes.
Meningkatkan kepesertaan KB.

Dari pengertian dan tujuan adanya desa siaga sangatlah bermanfaat bagi masyarakat Desa Kadur khususnya dalam mempertahankan dan bahkan meningkatkan derajat kesehatan diharapkan agar pelaksanaan desa siaga ini kembali dilakukan dan disebarluaskan ke setiap wilayah di Indonesia. Desa siaga inilah merupkan langkah awal yang sangat penting untuk dilakukan yang akhirnya nanti akan mendukung pogram pemerintah dalam pencapaian peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.