KADES DESA KADUR HADIRI PANEN PERDANA BUAH SEMANGKA DI KELOMPOK TANI SUMBER MAKMUR

KADUR – Kelompok Tani Sumber Makmur melakukan panen perdana buah semangka (15 Maret 2016 ) yang berlokasi di Dusun SEI. EMPANG Desa Kadur Kec. Rupat Utara. Pada kegiatan ini Kepala Desa Kadur, Pak Tumadi (pojok kanan) berserta beberapa perangkat desa menghadiri panen perdana buah semangka. Kelompok tani ini terdiri dari tujuh orang yang di Ketua oleh Pak Jumangin (pojok kiri). Kelompok tani ini memiliki luas lahan sekitar 1 hektar, ada pun proses penanaman sampai panen membutuhkan waktu sekitar 2 bulan 10 hari.

Bendahara kelompok tani (pak Demi) mengatakan mulai dari proses penanaman sampai panen kita membutuhkan waktu sekitar 2 bulan 10 hari, maksimal 2 bulan. namun kita tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal 100% dikarenakan cuaca selama sekitar lebih kurang satu setengah bulan mengalami cuaca panas, sehingga kita bisa cuma bisa mendapatkan hasil sekitar 70-80%.

Kelompok tani ini mengalami kesulitan dalam pemasaran karena kurang memahami harga pasaran.
Ya…untuk pemasaran kita memang mengalami kesulitan, karena kita kurang memahami harga pasaran. jika kita menjual lansung kemasyarakat harga nya bisa maksimal namun terbatas, maksimal cuma 3 ton buah semangka saja, jika kita menjual keluar daerah, kita kalah saingan karena kita kurang memahami harga pasar (ujar bendahara).

Kelompok tani ini sangat berharap pemerintah bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.